Popular Posts

Snippet

JENIS MAKANAN POKOK NEGARA YANG UNIK

1.Mesir = Isy
Isy ialah makanan pokok bagi penduduk Mesir. Isy berbentuk seperti roti, bulat, dan terbuat dari gandum. Rasanya seperti roti tawar, hanya lebih padat dan seratnya lebih terasa. Isy biasanya dimakan bersama ayam panggang, daging kambing, atau ikan. Cara makannya sama saja dengan makan roti. Isy dicelupkan dalam saus lalu dimakan bergantian dengan lauk. Tidak perlu sendok dan garpu. Sekali makan, orang Mesir bisa menghabiskan 3�4 potong isy. Jika sudah ada nasi, isy pun masih tetap dihidangkan.

2.Brasil = Singkong
Singkong atau cassava mulanya memang merupakan makanan pokok penduduk Brasil. Tapi kini mulai populer di beberapa negara Amerika dan Afrika. Singkong, yang juga dikenal sebagai ketela pohon atau ubi kayu, adalah pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.Di Brasil singkong dimasak dengan berbagai cara dan banyak digunakan pada berbagai macam masakan. Biasanya direbus untuk menggantikan kentang dan pelengkap masakan. Tepung singkong dapat digunakan untuk mengganti tepung gandum, dan baik untuk pengidap alergi.

3.Afrika = Ketela dan Ubi Jalar
Di Nigeria ketela dan Ubi Jalar dimasak dalam berbagai variasi. Beberapa variasi masakan berbahan dasar ketela yang biasa dimakan warga Nigeria yakni isu (ketela rebus pedas) dan iyan (ketela tumbuk).

4.India = Kacang-kacangan
Makanan pokok orang India adalah atta (tepung gandum utuh), berjenis-jenis kacang, dan beras. Jenis kacang yang paling populer adalah adalah masoor (lentil), chana (kacang arab), toor (kacang gude), urad (kacang hitam), dan kacang hijau. Kacang-kacangan dapat digunakan utuh, dikupas, dibelah dua setelah dikupas (disebut dal), atau kacang arab yang dihaluskan menjadi tepung (besan).

5.Meksiko = Jagung
Tepung jagung adalah bahan dasar bagi banyak makanan pokok Meksiko. Dari tepung jagung lahir taco, burrito, tortilla, tamales, dan quesadilla. Meksiko mengenal bermacam-macam tepung jagung. Pasalnya negara yang bertetangga dengan Negeri Paman Sam itu memiliki beragam jagung. Selain jagung kuning, ada jagung biru, jagung merah, dan jagung putih. Jagung biru sering dijadikan bahan dasar bagi quesadilla.

No comments:

Post a Comment